Bagi saya, engineer adalah seorang yang selalu mencari dan mencoba membuat sesuatu agar kehidupan masyarakat semakin mudah dan lebih baik. Dan material merupakan unsur penting dalam menunjang kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Sejarah bahkan membagi tingkat kemajuan manusia berdasarkan material penunjang kehidupan mereka (zaman batu, zaman perunggu, zaman besi). Kehidupan yang lebih baik tersebut dapat dicapai dengan memproduksi dan merekayasa material yang sesuai dan tepat guna untuk menunjang kehidupan kita dalam berbagai hal. Sehingga“Without material there is no engineering.” Oleh karena itu diantara berbagai jurusan teknik yang ada saya memilih teknik metalurgi dan material.

Object of study

Object of study

Perkembangan teknologi yang membuat hidup kita semakin maju dan nyaman terjadi seiring dengan perkembangan material. Sebagai contoh sekarang, peralatan elektronik yang begitu canggih ada dan bertumpu pada suatu komponent yang disebut material semikonduktor. Dengan kata lain “perkembangan material menentukan perkembangan teknologi”. Tanpa material tidak ada perkembangan. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain”. Dan teknik metalurgi dan material memberikan peluang tersebut bagi saya melebihi yang lain.

Hal lain yang mendorong saya mengambil jurusan teknik metalurgi dan material adalah keajaiban di balik material itu sendiri. Saya terpicu untuk belajar material lebih dalam. Setiap saya belajar tentang material saya semakin sadar betapa BESAR dan MAHA KUASA Sang Pencipta di balik semua itu. Hal ini memberi pengaruh yang positif terhadap kondisi kejiwaan saya. Saya bisa lebih bersyukur dalam menjalani hidup ini.